Feeds:
Posts
Comments

PERAHU KERTAS ‘DEE’

Pertama baca buku ini di versi digital, n’ baru kemaren bener2 sempat baca versi buku nyata. Ceritanya ringan, gak seberat Supernova, tapi juga buku ini masi gak sebanding ama Rectoverso. Alurnya mirip2 cerbung yang dimuat di majalah remaja. Kali emang genre-nya cerita remaja.

Inti cerita di Kugy.Cewek yg didefinisikan aneh banget, yg punya hobi nulis surat ama dewa Neptunus n’ ngirim suratnya berbentuk perahu kertas yg diarungkan ke laut . Kisah berlanjut menceritakan Kugy meraih impiannya menjadi penulis.Dibumbui kisah cinta yg bolak-balik gak nyambung pdhl Kenan dan Kugy sama2 cinta. Berakhir hepi ending seperti kebanyakan novel remaja.

Cuman disini Dee tidak meninggalkan kebiasaannya membuat cerita sederhana menjadi kisah yang melekat pada pembaca-nya. Seolah semua terbawa suasana saat haru, moment njengkelin ataupun pas adegan lucu.

Jangan bandingin Perahu Kertas dengan Supernova yg sampe detik ini saya males bacanya. Jangan bandingin jg ama Rectoverso yg bukunya udah saya hibahkan ke sahabat tercinta.

Advertisements

GARANG ASEM KOMPLIKASI IKAN

Mertuaku pernah ngasih resep garang asem ayam. Tapi berhubung ayam kampung harganya agak mahal, aku rada males mempraktekkan resep warisan itu.

Resep itu hampir terlupakan sama sekali, ketika tempo hari di pinggir jalan kompleks ada pohon belimbing wuluh yang berbuah lebat. Kupikir2 kenapa ayam gak kuganti aja pake ikan ya…Yah, akhirnya inilah resep garang asem yg udah kena komplikasi.

Bahan:

Ikan lumuri dengan air jeruk nipis, garam dan merica selama 15 mnt

Belimbing wuluh

Cabe ijo potong-potong

Tomat ijo potong-potong

Santan

Lengkuas

Daun salam

Gula Jawa

Bumbu Halus:

Bawang merah

Bawang putih

Cabe merah

Kemiri

Cara Membuat:

  • Goreng ikan
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan belimbing wuluh, cabe ijo, tomat ijo, santan, lengkuas, daun salam dan gula jawa
  • Tambahkan ikan yg sudah digoreng tadi

Undangan Wedding nan Cantik

Ternyata aku masih nyimpan contoh-contoh undangan pernikahan

Jauh-jauh hari udah niatan mo jalan-jalan nyari souvenir pernikahan.  Kali ini tujuannya adalah Pasar Pagi Mangga Dua.Katanya disinilah tempatnya buat cari souvenir nikah yang murah. Dari kos di daerah Alam Sutera Tangerang, aku dan mamas pilih naik feeder bus BSD. Kemudian turun di jalan Sudirman, langsung naik trans Jakarta ke arah stasiun kota. Nah, dari destinasi terakhir si trans Jakarta baru naik angkutan ke Pasar Pagi Mangga Dua. Letaknya sebelah kiri jalan sebelum ITC Mangga Dua. Gedungnya berwarna orange. Kios-kios yang menjual souvenir nikah ada di lantai dasar,pas ditengah-tengah gedung. Disini musti pintar mencari dan menawar.

Disini nemuin souvenir yang kira-kira cocok ama budget

Tempat sabun dibandrol Rp 4500

Kalo kalendar abadi ini Rp 2000

Setelah puas-puasin ngebandingin harga dan mutu souvenir,aku dan mamas memutuskan untuk pulang. Tapi belum seberapa jauh mamas ditelpon saudara yang pada ngumpul2 dirmh mas Adi di  daerah Jakarta Timur.Akhirnya kami memutuskan buat naik kereta kesana, mumpung dekat ama stasiun kota.

Selama tinggal di Jakarta aku baru pertama kali ini menginjakkan kaki ke stasiun kota. Kesannya kuno dan kokoh. Pada masa lalu, stasiun ini berfungsi sebagai pusat transportasi kereta api yang menghubungkan Batavia dengan kota Bekassie (Bekasi), Buitenzorg (Bogor), Paris van Java (Bandung) dan Karavam (Karawang). Dibangun pertamakali tahun 1870 dan direnovasi tahun 1926.

BOBOR BAYAM BONUS TETELAN

Si mamas tuh anti banget ama sayur,tapi dia demen banget ama makanan bersantan. Berarti resep satu ini cocok banget ama selera my hubby tercinta. Yummmy…cocok banget dimakan bareng tempe bacem goreng.

BAHAN:                                                                                Bumbu Halus:

Tetelan                                                                 bawang merah

Daun salam                                                         bawang putih

Lengkuas dimemarkan                                  ketumbar

Bayam                                                                  kencur

Jagung muda                                                     gula jawa

Santan

CARA MASAK:

  • Rebus bumbu halus, tetelan,lengkuas dan daun salam
  • Tambahkan santan
  • Masukkan bayam dan jagung muda

URAP SAYUR NGAYOGYAKARTO

Biasanya mikirin menu selalu pas sebelon bobo  malam. Pas malam ini ngeliat acara kuliner bu Sisca …eh kepingin banget maem urap sayur. Planningnya si urap mo dipasangin ama tempe selimut.Tapi sepagian muter-muter  ke tukang sayur keabisan tempe. Walhasil…si pasangan diganti ama lumpia goring. Ini resep urap sayur ala Jogja….

BAHAN:

Kenikir , direbus                                               Bumbu halus :

Kacang panjang, direbus                                                               cabe merah

Kecambah/Taoge, direbus                                                           bawang merah

Kangkung, direbus                                                                          bawang putih

Bayam ,direbus                                                                                 terasi bakar

Kelapa muda diparut                                                                      kencur

daun jeruk

gula jawa

CARA MEMASAK:

  • Aduk kelapa parut dengan bumbu halus
  • Kukus selama 35 menit
  • Campur dengan sayuran rebus

Ada beberapa tradisi menyambut tahun baru di berbagai negara

1. Baby New Year Tradition

Tradisi tahun baru dengan menggunakan bayi muncul pada skitar 600 sebelum masehi oleh orang-orang Yunani.Pada awal tahun itu mereka berkeliling sambil membawa keranjang yg berisi bayi sebagai penghormatan terhadap Dionysus,dewa Kesuburan dan symbol kelahirannya kembali tiap tahun. Susyahnya kalo ternyata belon punya bayi kayak saya ini…masa mo keliling bawa keranjang isi ikan?

2. Hogmanay

Di Skotlandia ada ritual menggelindingkan tong berisi tar yg dibakar ke sepanjang jalan yang dinamakan ritual Hogmanay. Ritual ini melambangkan tahun kemarin telah terbakar dan habis.

3. Burning “Mr. Old Year”

Di Colombia, Kuba dan Puerto Rico setiap keluarga menyiapkan boneka cowok dan mendadaninya dengan pakaian-pakaian bekas setiap anggota keluarga.Pada detik pergantian tahun si “Mr.Old Year” ini dibakar.Karna kepercayaan orang Colombia bahwa setiap barang bekas diasosiasikan mempunyai kenangan buruk dan prosesi dibakarnya boneka dimaksudkan untuk mengusir semua kemalangan dan mendatangkan kebahagiaan di tahun baru yang akan datang.

4. Eating Noodles

Di Jepang pada malam tahun baru mereka akan memakan semangkok mie yang dinamakan “toshikoshisoba” yang berarti mie pergantian tahun sambil mendengarkan bunyi bel dari Kuil Budha yang berdentang 108 kali.Bel kuil yang berdentang 108 kali bermakna menyucikan rakyat Jepang dari 108 sifat jahat setan yang mengikuti setiap manusia.Setiap rumah didekorasi dengan bamboo sebagai symbol umur panjang

5. Eating 12 Grapes

Masyarakat Spanyol biasa memakan 12 butir anggur di malam Tahun Baru.Tradisi ini dimulai pada awal abad 12 dimana karena cuaca buruk mengakibatkan gagalnya panen anggur.

6. Gifts in Shoes

Di Yunani,pada malam tahun baru para anak-anak meletakkan sepatunya disamping perapian agar Saint Basil dating dan mengisinya dengan hadiah

7. Carrying a Suitcase

Di Venezuela, Argentina ,Bolivia dan Mexico di tengah malam tahun baru mereka mengelilingi rumah dengan membawa koper dengan harapan di tahun depan mereka dapat benar-benar melakukan traveling

8. Burning Crackers

Orang-orang China punya kepercayaan adanya roh jahat.So.. di tahun baru mereka membakar biscuit untuk menakut-nakuti roh jahat. Jendela dan pintu di setiap rumah akan disegel dengan kertas.Segel ini akan mencegah roh jahat masuk ke dalam rumah

9. Times Square Celebrations

Pada 31 Desember 1907 di atas Times Square diletakkan bola raksasa dengan berat 700kg dan diameter 5 meter terbuat dari kayu berhiaskan 100 lampu bohlam. Dan tahun-tahun selanjutnya tradisi ini terus berlanjut bahkan ditayangkan langsung via satelit

10. Foods

Ada pepatah yg mengatakan keberuntungan sepanjang tahun tergantung pada makanan yg dimakan pertama kali di penghujung tahun baru.Berdasarkan pepatah itu maka orang-orang Belanda percaya dengan memakan donut di tahun baru akan mendatangkan keberuntungan.Bentuk donut yang bulat lingkaran penuh dipercaya membawa berkah.Di daerah Persia makan telur di tahun baru melambangkan produktivitas. Di beberapa daerah Amerika ada tradisi memakan kacang polong di tahun baru

11. Jewish New Year

Orang Yahudi menyebut tahun baru dengan sebutan Rosh Hashanah.Di saat inilah mereka mengatakan semua kesalahan mereka dan berjanji akan melakukan yang lebih baik di masa depan.Di tahun baru ini mereka juga memasak roti utk mengingatkan saat-saat masa panen yang melimpah