Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘My Kitchen’ Category

Mertuaku pernah ngasih resep garang asem ayam. Tapi berhubung ayam kampung harganya agak mahal, aku rada males mempraktekkan resep warisan itu.

Resep itu hampir terlupakan sama sekali, ketika tempo hari di pinggir jalan kompleks ada pohon belimbing wuluh yang berbuah lebat. Kupikir2 kenapa ayam gak kuganti aja pake ikan ya…Yah, akhirnya inilah resep garang asem yg udah kena komplikasi.

Bahan:

Ikan lumuri dengan air jeruk nipis, garam dan merica selama 15 mnt

Belimbing wuluh

Cabe ijo potong-potong

Tomat ijo potong-potong

Santan

Lengkuas

Daun salam

Gula Jawa

Bumbu Halus:

Bawang merah

Bawang putih

Cabe merah

Kemiri

Cara Membuat:

  • Goreng ikan
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan belimbing wuluh, cabe ijo, tomat ijo, santan, lengkuas, daun salam dan gula jawa
  • Tambahkan ikan yg sudah digoreng tadi

Read Full Post »

BOBOR BAYAM BONUS TETELAN

Si mamas tuh anti banget ama sayur,tapi dia demen banget ama makanan bersantan. Berarti resep satu ini cocok banget ama selera my hubby tercinta. Yummmy…cocok banget dimakan bareng tempe bacem goreng.

BAHAN:                                                                                Bumbu Halus:

Tetelan                                                                 bawang merah

Daun salam                                                         bawang putih

Lengkuas dimemarkan                                  ketumbar

Bayam                                                                  kencur

Jagung muda                                                     gula jawa

Santan

CARA MASAK:

  • Rebus bumbu halus, tetelan,lengkuas dan daun salam
  • Tambahkan santan
  • Masukkan bayam dan jagung muda

Read Full Post »

URAP SAYUR NGAYOGYAKARTO

Biasanya mikirin menu selalu pas sebelon bobo  malam. Pas malam ini ngeliat acara kuliner bu Sisca …eh kepingin banget maem urap sayur. Planningnya si urap mo dipasangin ama tempe selimut.Tapi sepagian muter-muter  ke tukang sayur keabisan tempe. Walhasil…si pasangan diganti ama lumpia goring. Ini resep urap sayur ala Jogja….

BAHAN:

Kenikir , direbus                                               Bumbu halus :

Kacang panjang, direbus                                                               cabe merah

Kecambah/Taoge, direbus                                                           bawang merah

Kangkung, direbus                                                                          bawang putih

Bayam ,direbus                                                                                 terasi bakar

Kelapa muda diparut                                                                      kencur

daun jeruk

gula jawa

CARA MEMASAK:

  • Aduk kelapa parut dengan bumbu halus
  • Kukus selama 35 menit
  • Campur dengan sayuran rebus

Read Full Post »