Feeds:
Posts
Comments

Sanggul Modern 2010

Bermula dari keengganan saya memakai sanggul jawa utk acara midodareni. Toh bsk pas acara akad nikah dan panggih akan seharian memakai sanggul jawa yg konon beratnya bisa bkin kepala copot. So, di acara midodareni saya ingin sanggul modern. Tapi rencana musti gagal total krn buntutnya saya musti pake sanggul jawa. Pdhl terlanjur hunting sanggul modern.

Yang ini dari rumah yani

Kalo yg ini dari Noviari

Ini utk yg suka berponi

Advertisements

Gak sengaja nemuin agenda sakti pas nyiapin pernikahan.  Rasanya kepingin ketawa kalo ingat pontang-panting hunting tentang rias manten adat jawa. Apalagi yang mau menangani full, dari acara midodareni sampe akad nikah plus upacara adatnya. Dan yang penting budgetnya gak tinggi2 banget. Bagi saya pernikahan itu awal…bukan akhir.Jadi mendingan budget jangan diumbar utk acara walo emang sekali seumur idup, dipikirin juga kehidupan after merit.

Berikut info rias manten pengantin adat Jawa plus budget..(tp harap diingat info ini pada thn saya merit yaitu 2009) :

Rias Pengantin “KARTINI”

Jln Tamansiswa 80 Yogyakarta (0274-415907)

Rias manten   : 4 jt

Decorasi           : 3jt

Rias “RITA”

Jln Bantul  08157964462

Rias manten adat Solo      : 650 rb

Dekorasi                                 : 1jt

Rias pengiring cowo          : @40rb

Rias pengiring cewe            : @65rb

Rias “Yoyok”

Jln Magelang  081328630091

Rias pengantin+ 2 orangtua   : 1.250.000

Rias pengiring                               : @100rb

Rias “KIRANA”

Jln Slamet Riyadi 132 Sukoharjo Solo (0271-593463)

Rias manten pengantin+2 orangtua            : 2,5jt

Dekorasi                                                                 :2,5jt

Rias pengiring                                                      : @ 50rb

Rias “Cempaka Sari” Ibu Sumaryono

Jln Kutai no 18 Sumber  SOLO (0271-723991)

Rias “Rita Asril”

Perumahan Green Garden Yogya (0274-6555023)

Rias “ Sari Kusuma”

Depokan KG II no 204 YOGYA (0274-384154)

 

Akhirnya saya memilih Rias Sari Kusuma, karena sang pemilik benar2 bisa mengerti keinginan kami. Dan budget pun sangat terjangkau. Koleksi2 kebaya jg up to date gak ketinggalan jaman. Berikut rinciannya:

  • Rias malam midodareni                                 : 350rb
  • Rias pengantin adat Solo                                : 1.300.000
  • Rias orangtua                                                     : 250rb
  • Rias pengiring (7 org)                                     : 460rb
  • Dekorasi pelaminan+panjor                          : 2 jt
  • 3 rol foto                                                                : 450 rb
  • Video mulai srah2an                                        : 750 rb
  • MC mulai srah2an                                             :600 rb

Total semua adalah Rp 6.160.000

Sesuai saran dr Daniel David, SpOG, saya akan menjalani HSG tgl 28 September 2010. Pada hari ke 10 terhitung dari hari pertama menstruasi. Saya sempat hunting tarif HSG ke RS-RS Tangerang, coz utk HSG di RS OMNI Tangerang mematok harga 1 jt-an termasuk obat kontrasnya. Di RS Usada Insani dikasi harga 395 rb belum termasuk obat. Di RS Mayapada dikasi harga 800rb belum termasuk obat.  Akhirnya pilihan saya jatuh ke RS Sari Asih Ciledug, selain dekat rumah jg tarif  HSG cmn 325 rb.

Hari selasa  pagi itu kebetulan yg menangani HSG adalah dr Putu, SpRD. Saya diberi resep obat kontras utk ditebus di apotek. Berikut rinciannya:

  1. Omnipaque 300/20ml  Rp 123.900
  2. Spuit terumo 20cc          Rp  10.700
  3. Folley catheter                 Rp   77.000
  4. Teruglove                            Rp   13.900
  5. Underpad steril                 Rp     8.200
  6. Kaltrofen supositoria      Rp   14.300

Plus dengan biaya HSG Rp 335.000 total semua adalah Rp 582.600

Setelah lepas celana, saya disuruh berbaring di meja radiologi. Saat kateter dimasukkan ke rahim emang rasanya gak nyaman. Kemudian obat kontrasnya dimasukin pelan2. Dr Putu bolak-balik nanyain apakah rasanya sakit gak. Rasanya mules mirip mens pertama. Setelah obat masuk semua baru difoto. Saya sempat nanya kedr Putu ttg hasil HSG. Katanya saluran telur saya yg kanan tersumbat, sedang saluran telur kiri normal.

Setelah selesai HSG rencana saya akan control ke dr Daniel  di RS Omni, tp krn hubby ada urusan kantor akhirnya dibatalkan. Dan terjadilah musibah itu!

Sepulang HSG aya gak ngerasain sakit, malah masih sempat gendong2 kponakan saya sampe  jam 9mlm. Sekitar jam 3pg perut mules banget sampe buat berdiri. Akhirnya hubby mutusin bwt ke UGD RS Omni saat itu. Setelah nyampe RS Omni hubby lgsgh nelp dr Daniel spOG. Katanya saya akan dikasi obat penahan sakit injeksi. Tp sayangnya obat tersebut efek sampingnya nyerang maag saya, shg saya muntah2 hebat. Saya sempat opname 1 hr di RS Omni. Dan seminggu berikutnya saya baru sembuh total tanpa muntah2 dan mampu berjalan normal.

Kata dr Daniel saya gak perlu ngalamin kram rahim kalau sepulang HSG dibekali obat penahan rasa sakit dari dokter. Setelah 1 mgg ngejalanin diatermi sebanyak 10x, saya control lg ke dr Daniel, SpOG. Beliau menjadwalkan utk HSG lg bulan depan buat ngeliat apkh sumbatan sdh hilang dgn terapi diatermi.

HISTEROSALPINGOGRAFI (HSG)

Anda berdua tak berniat menunda kehamilan? Lalu mengapa juga setelah memasuki tahun kedua perkawinan atau mungkin lebih, Anda tak kunjung mendapat momongan? Kalau ini yang Anda alami sebagai pasangan suami istri, umumnya dokter akan menyarankan Anda berdua untuk menja- lani sejumlah pemeriksaan. Aneka pemeriksaan tersebut diperlukan untuk memastikan penyebab terjadinya infertilitas/ketidaksuburan.Langkah awal biasanya berupa pemeriksaan organ reproduksi pada pihak wanita maupun pria. Selanjutnya, ada sejumlah tes lain guna mendeteksi secara lebih detail. Pada pria biasanya akan dilakukan tes kualitas dan kuantitas sperma. Sedangkan pada wanita, salah satu di antaranya adalah pemeriksaan HSG (histerosalpingografi). Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi saluran telur. Mengapa diperlukan pemeriksaan saluran telur? Tak lain karena kehamilan hanya mungkin terjadi bila sel telur bertemu dengan sel sperma. Pertemuan ini terjadi di ampula tuba (bagian saluran telur yang melebar).

Untuk mencapai lokasi tersebut, sel sperma harus melalui perjalanan panjang. Yakni dari liang vagina terus menuju mulut leher rahim lalu ke rahim dan selanjutnya saluran telur. Sementara sel telur, setelah lepas dari indung telur akan ditangkap oleh “tangan-tangan” (fimbrae) saluran telur lalu berjalan menuju ampula.

Nah, bila pada saluran telur terdapat perlekatan atau sumbatan, maka pertemuan antara sel telur dan sel sperma tadi tidak akan terjadi. Ini berarti kehamilan pun tidak terwujud. Kalaupun perlekatan itu masih bisa meloloskan sperma, mungkin saja terjadi kehamilan. Namun kehamilan tersebut akan terjadi di luar kandungan atau yang paling sering terjadi adalah kehamilan tuba.

WAKTU YANG TEPAT

HSG dilakukan dengan menyemprotkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam rongga rahim melalui vagina. Kemudian dilakukan foto rontgen hingga akan terlihat apakah zat kontras tersebut masuk ke dalam saluran telur atau tidak. Bila masuk, berarti bebas dari perlekatan atau penyumbatan yang dalam istilah medis disebut paten. Sebaliknya bila zat kontras tidak dapat memasuki saluran telur, berarti ada penyumbatan yang lebih dikenal dengan istilah saluran telur nonpaten.

Hanya saja pemeriksaan khusus ini tidak dapat dilakukan sembarang waktu. Waktu pemeriksaan yang tepat adalah hari ke-9, ke-10 atau ke-11 dalam siklus haid (dihitung sejak hari pertama mendapat haid). Umumnya saat memasuki hari ke-9, haid telah selesai dan belum terjadi ovulasi (dilepaskannya sel telur dari indung telur).

Mengapa harus dilakukan setelah haid selesai? Ini dimaksudkan agar cairan kontras tadi tidak ikut masuk ke pembuluh darah yang saat menstruasi dalam keadaan terbuka. Kalau sampai ikut masuk dikhawatirkan akan menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. Pemilihan hari-hari yang diasumsikan belum terjadi ovulasi sebagai hari pemeriksaan pun bertujuan agar tidak mengganggu sel telur yang akan dilepaskan oleh indung telur. Memasukkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam saluran telur dikhawatirkan dapat memengaruhi kualitas sel telur.

Secara teknis, pelaksanaan HSG biasanya menimbulkan rasa nyeri dan tak nyaman karena cairan yang mengandung zat kontras tadi disemprotkan melalui vagina. Akan tetapi bila yang bersangkutan merasa takut, dapat dilakukan pembiusan lokal guna mengurangi rasa nyeri.

PLUS MINUS

Selain HSG, sebetulnya ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah saluran telur seseorang paten atau nonpaten. Pemeriksaan yang dimaksud adalah pertubasi, yakni mengalirkan CO2 (karbondioksida/zat asam arang) atau yang kerap digunakan adalah cairan yang mengandung antibiotik dan antiperadangan. Cairan dimasukkan melalui leher rahim. Inilah yang oleh kalangan awam kerap disebut dengan istilah “ditiup”. Mengetahui paten atau tidaknya saluran telur ditentukan dengan mengukur tekanan gas sewaktu peniupan. Berbeda dengan HSG yang menimbulkan rasa nyeri, saat peniupan, gas yang masuk terasa hangat. Sedangkan mengenai waktu pemeriksaannya sama seperti HSG, yakni hari ke-9, 10 dan 11 dihitung dari hari pertama haid.

Bedanya, hasil pemeriksaan HSG bersifat objektif. Artinya, ada data yang terlihat langsung melalui hasil rontgen. Letak sumbatan pun dapat diketahui dengan jelas lokasinya. Sedangkan pada pertubasi, letak sumbatan tidak dapat diketahui. Hanya diketahui adanya sumbatan melalui perbedaan tekanan gas saat dimasukkan.

Bukan cuma itu. Selain berfungsi menegakkan diagnosis, HSG juga memberi manfaat sebagai tindakan teraupetik/pengobatan. Umumnya setelah dilakukan tindakan mengalirkan cairan yang mengandung zat kontras tadi saluran telur yang tidak paten menjadi paten. Dengan adanya cairan yang dimasukkan ke dalam saluran telur berarti ada daya dorong yang diharapkan mampu membuka sumbatan-sumbatan yang ada. Selain itu, zat yang digunakan juga sekaligus berfungsi menghambat pertumbuhan kuman. Namun biasanya ini hanya berlaku untuk saluran telur yang mengalami perlekatan ringan.

Meski memberi efek terapi, HSG tidak dapat dilakukan berulang-ulang. Mengapa? Efek radiasi yang timbul dikhawatirkan akan membahayakan si ibu. Antara lain mengganggu kesuburan karena merusak sel telur di indung telur.

Alternatif lain yang saat ini banyak dipilih adalah hydrosonografi. Pemeriksaan ini dilakukan dengan memasukkan cairan kontras ke dalam saluran rahim melalui vagina. Umumnya yang banyak digunakan adalah cairan normalsaline. Bedanya dengan HSG, hasilnya dapat dilihat melalui monitor saat pemeriksaan berlangsung. Pemeriksaan yang menggunakan alat bantu USG ini memungkinkan pasien bisa ikut mengetahui secara langsung lokasi terjadinya penyumbatan di saluran telur.

Vampire Academy

 

Setelah puas kecewa ama twilight saga movie yang gak bisa sehebat twilight saga versi buku, saya agak pesimis ama Vampire Academy ini. Awal baca VA sih agak boring, karena bab satu nya ada di tengah-tengah cerita. Maksudnya gak menceritakan awal mula latar belakang Rose dan Lissa, melainkan cerita ketika mereka dikejar2 para Pengawal sekolah Vladimir. Seperti judulnya, buku ini tentu mengisahkan tentang para vampir. Tapi tenang, cerita vampir-vampiran ini sama sekali jauh berbeda dengan serial Twilight, kok

Tokoh utama di sini bernama Rose Hathaway, dia seorang dhampir, makhluk setengah manusia setengah vampir, bisa dibilang dhampir itu kasta bawah nya kehidupan Vampir. Karena Dhampir dibuat untuk melayani Moroi (Vampir hidup). Di sinilah uniknya baca Vampire Academy. Ada berbagai jenis Vampire yang ikut serta dalam buku ini.

Konon, katanya para vampir ini terdiri atas tiga jenis: Moroi, Dhampir dan Strigoi. Moroi adalah vampir hidup yang tentu saja bisa meninggal seperti manusia dan kebanyakan terdiri atas kaum bangsawan. Dhampir adalah kaum setengah vampir setengah manusia. Sedangkan Strigoi adalah kaum vampir yang jahat dan selalu memburu kaum Moroi, yang hanya bisa mati dengan cara ditusuk dengan pasak di jantung, dipenggal kepalanya, atau dibakar.

Kaum Moroi dan Dhampir selalu hidup berdampingan karena mereka memiliki semacam hubungan timbal balik dalam mempertahankan eksistensi kaumnya masing-masing. Dhampir menjadi pelindung para kaum Moroi, terutama kaum bangsawan, dari buruan para Strigoi. Dan kaum Moroi sendiri bisa menjaga agar keturunan kaum Dhampir tetap ada (hubungan seorang pria Moroi dengan seorang wanita dhampir memberikan seorang anak dhampir).
Jadi sudah bisa ketebak, bahwa cerita Vampire Academy ini memusatkan cerita antara Strigoi yang ingin membasmi Moroi, terutama anggota kerajaan, namun akhirnya malah berhadapan dengan Dhampir sang pengawal para Moroi ^^

Yang unik dan kenapa aku mau lanjut baca VA selain mengangkat mitos Vampir Rumania itu (Moroi, Strigoi, dan Dhampir), adalah karena tokoh utamanya yang Dhampir. Berbeda dari twilight saga yang tokoh utamanya lemah, lelet, ceroboh n’ slalu jadi pihak terlindungi.Dalam Vampire Academy ini kuat akan cerita persahabatan.

Sedangkan Rose sikapnya keras kepala, main hantam sana sini, grasak grusuk, senang banget cari masalah. Dan tentu nya jago berantem…Sudut pandang juga memakai sudut pandang Rose yang penuh dengan komen ceplas ceplosnya yang mengandung humor. Vampire Academy juga tidak menghilangkan persaingan cinta para remaja, persahabatan, kenakalan melanggar aturan sekolah, dll.
Rose Hathaway sebagai dhampir muda mempunyai tekad yang kuat dalam dirinya, yaitu ingin menjadi pengawal. Sedangkan Moroi yang ingin dia kawal tak lain adalah sahabatnya sendiri Vasilissa Dragomir, yang kebetulan seorang pewaris kerajaan dari Klan Dragomir.

Rose menyerahkan hidup dan matinya hanya untuk melindungi Lissa. Memasuki gerbang sekolah yang dinyatakan aman, terlindung dari sihir gaib, dan dilindungi oleh ratusan pengawal namun justru di dalam sekolah lah teror demi teror datang pada mereka, mengganggu hidup mereka, mengincar Lissa dan apa yang ada pada dirinya.

utami14Vampire Academy mengambil sudut pandang seorang remaja berusia 17th bernama Rosemary Hathaway seorang murid yg bersekolah di St.Vladimir Academy sebagai seorang dhampir. Rose adalah sahabat sekaligus pengawal dari Vasilissa Dragomirs (Lissa)  keturunan terakhir dari klan Dragomirs. Selain karena Lissa keturunan terakhir klan, dia juga merupakan salah satu moroi yg bisa menguasai spirit. Kekuatan Lissa adalah menghidupkan dari kematian , dia pernah membawa kembali Rose dari kematian saat kecelakaan maut yg membunuh orang tua dan kakak laki-laki Lissa dan sebagai akibatnya dia menjadi shadow kiss bagi Lissa. Lissa juga seorang moroi yg menguasai super compulsion.

Intrik politik, perebutan kekuasaan antar sesama klan moroi dan strigoi yg berkeyakinan ingin memberantas setiap klan moroi yg ada  membuat Rose beserta Lissa melarikan dari Academy. Hingga dua tahun dalam pelarian mereka, seorang dhampir berhasil melacak keberadaan keduanya dan memaksa mereka kembali ke dalam Academy. Dhampir tersebut bernama Dimitri Belikov.

Absent selama dua tahun menyebabkan Rose mengalami kemunduran pelajaran tentang menjadi dhampir dan membuatnya menjalani masa pelatihan ekstra di bawah pengawasan langsung Belikov yg dingin dan selalu menjunjung peraturan. Dengan rambut hitam, bibir penuh sensual dan kulit kecoklatan Rose selalu menjadi pusat perhatian para siswa di St.Vladimir dari moroi sampai para dhampir. Bisa di bilang Rose selalu mendapat perhatian dari lawan jenis. Tapi tidak Dimitri Belikov, Dia adalah dhampir berusia 24th yang berasal dari Rusia dengan segala macam aksen yg membuat Rose sebagai remaja tergila-gila padanya.

Seolah-olah masalah percintaannya terlarangnya dengan Dimitri belum cukup (sesama dhampir dianggap tabu berhubungan), para kalangan atas salah satunya Victor Daskov yg menginginkan kekuatan Lissa dalam berbagai cara jg mewarnai intrik novel Vampire Academy yang pertama ini.

utami14Buku kedua Vampire Academy ini lebih bagus ceritanya dari yang pertama.
Rose yang keras kepala dan sradak sruduk di buku satu, di buku dua ini sudah mulai adem ayem…pengaruh Dimitri kayaknya…
Rose semakin merasa menyukai Dimitri, namun Rose gak yakin Dimitri suka ke dia atau gak. Bukan itu aja yang bikin Rose pusing, dia tahu bahwa mencintai sesama pengawal adalah sia-sia dan dilarang. Terutama karena Dimitri adalah mentornya, terlebih juga karena Dimitri adalah pengawal resmi Lissa.

Di samping itu, Strigoi merajalela. Salah satu korban nya adalah orang tua dari murid di sekolah mereka. Kemudian, serangan besar-besaran Strigoi terhadap sebuah keluarga Moroi di dekat Akademi St. Vladimir menyebabkan sekolah itu berada dalam situasi siaga dan dipenuhi para pengawal—termasuk ibu Rose yang berwatak keras, Janine Hathaway. Pihak sekolah tidak mau mengambil risiko. Mereka memutuskan membawa para murid pergi liburan ski.

Namun, tempat liburan musim dingin yang megah di Idaho itu ternyata tidak sepenuhnya aman.

Sementara para pengawal menyelidiki kasus pembantaian tersebut, tiga orang sahabat Rose; Mason, Mia dan Eddie, menyelinap keluar untuk memburu para Strigoi pelaku pembantaian. Mengetahui hal itu, tanpa pikir panjang Rose langsung saja ikut menyelinap untuk mencari ketiga sahabatanya, dengan dibantu Christian Ozera, dan membawa Rose pada bahaya besar yang tak pernah dia kira.

Kembali lagi sikap smartass nya Rose mendatangakan musibah, namun bukan Rose namanya kalau dia tidak bisa mengatasi itu. Dengan terpaksa meminta bantuan Christian Ozera, pacar Lissa yang sangat Rose sebal, Rose kembali berhadapan dengan Strigoi. Dan kali ini, dia harus kehilangan salah satu yang dia sayang untuk selama-lamanya…
Aku lebih suka buku dua daripada buku satu. Karena di sini muncul cowok narsis penggoda tapi selalu bikin ngakak dengan dialog-dialognya, tak lain yaitu Adrian Ivashkov. bisa dibilang Adrian itu versi cowonya dari Rose. ngeliat mereka berdua berantem suka bikin ngakak.

Well, untuk buku terjemahannya memang baru terbit sampai buku kedua. And so far, saya sangat menikmati membaca kisah VA. Apalagi chemistry antara Rose dan Lissa yang pas banget dan menarik, dengan ikatan batin satu arah yang dirasakan Rose terhada Lissa, yang tentu saja sangat membantu Rose saat melindungi Lissa. Dan sebagai buku yang target utamanya adalah kaum remaja, tentu saja tidak lepas dari kisah romantika; Rose dengan Dimitri, Lissa dengan Christian.

Buku 1 Vampire Academy : penangkapan Rose dan Lissa dan kembalinya mereka ke academy, serta penghianatan Victor Daskov yg menginginkan kekuatan Lissa dan ketertatikan Rose pada instrukturnya, yg bagai buah terlarang bagi Dimitri

Buku 2 Frostbite : Pengalaman pertama Rose membunuh strigoi dan tato Molnija pertamanya, serta bagaimana Rose di hatui kematian sahabatnya Mason Ashfod yg menyelamatkannya. Serta kemunculan Adrian dan persetruan perasaannya dengan Dimitri.

Buku ke 3 Shadow Kiss : Perubahan-perubahan emosi Lissa yg meledak-ledak setiap kali melatih kekuatan spiritnya hingga aura Rose menyerap aura Lissa dan dia yg berubah meledak-ledak, gambaran dari hubungan shadow-kiss yg menyebabkan kegilaan. Akhir novel di tutup dengan penyerangan Academy oleh segerombolan strigoi dan hilangnya Dimitri dari proses evakuasi tahanan. Hingga di pastikan Dimitri telah menjadi salah satu dari mereka.

Buku ke 4 Blood Promise : Janji yg tidak sengaja diucapkan Rose dan Dimitri bahwa lebih baik mereka mati dgn sebenarnya dari pada harus menjadi strigoi menghantui Rose. Dimitri sudah menjadi strigoi dan Rose berkewajiban membunuh Dimitri. Tapi mampukan dia?? Mampukah Rose membunuh orang yg sangat dicintainya? Dan harus meninggalkan Lissa sahabat sekaligus tanggung jawabnya demi memburu Dimitri?? Tapi janji tetap janji

Buku ke 5 Spirit Bound : Dimitro belum mati dan dia sudah mencicipi darah Rose, dia dapat mengejar Rose di manapun

Buku 6 Rumor si tahun 2010 baru terbit…

 

Infertilitas Pria

Secara tradisional, wanita adalah pihak yang memikul tanggungjawab atas kegagalan kehamilan berdasar logika semu bahwa “karena ia tidak hamil. Maka pasti dialah penyebab ketidakhamilan itu.” Pada kenyataannya, kapasitas reproduksi pria telah dibuktikan menurun pada tidak kurang dari 50% pasangan infertil. Ini merupakan evaluasi penelitian sebagaimana yang dirujuk pada penderita umum. Evaluasi pihak pria harus dilakukan pada setiap pasangan yang dayang berkonsultasi untuk infertilitas, dan harus dilakukan pada awal pemeriksaan pasangan. Sesungguhnya, pemeriksaan pada pria mudah, murah, tidak menimbulkan rasa sakit, dan segera menghasilkan kategori diagnostic. Beberapa diagnosis penyebab dapat timbul bersamaan. Kategorisasi diagnostik lebih bertujuan ke arah strategi pengobatan daripada perincian subklasifikasi akademik tanpa dampak langsung ke penatalaksanaan klinis.

Batasan Infertilitas

Infertilitas adalah keadaan di mana tidak terjadi kehamilan setidaknya 12 bulan setelah senggama tanpa kontrasepsi.

Infertilitas pria primer

Ini terjadi apabila seorang pria tidak pernah menghamili wanita.

Infertilitas sekunder

Keadaan di mana seseorang pria pernah menghamili wanita. Hal ini tidak tergantung apakah itu merupakan pasangannya saat ini atau bukan, demikian pula mengenai hasil kehamilannya. Pada umumnya, pria dengan infertilitas sekunder memiliki kesempatan lebih baik untuk fertilitas di masa depan. Juga beberapa diagnostik jarang ditemukan, seperti kelainan kongenital atau penurunan yang sangat berat pada produksi sperma dengan azoospermia, atau oligozoospermia berat.

Lama infertilitas yang dikehendaki

Diberi batasan jumlah bulan di mana pasangan melakukan senggama tanpa metode kontrasepsi. Hal ini penting karena dapat memberikan informasi prognostik tentang infertilitaas tiga tahun atas kurang mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mengalami kehamilan spontan di kemudian hari. Jika lama infertilitas lebih panjang, maka sangat mungkin ada masalah biologis yang berat.

Riwayat penyakit yang mungkin mengganggu fertilitas

Penyakit-penyakit sistemik di bawah ini telah dilaporkan mempengaruhi fertilitas.
Penyakit diabetes dan nerologis dapat menyebabkan impotensi dan gangguan ejakulasi. Kedua penyakit tersebut dapat juga merusak spermatogeneses dan fungsi kelenjar seks aksesori.
Tuberkulosis dapat menyebabkan epidiidimitis dan prostattitis yang berhubungan dengan gangguan transpor sperma. Penyakit saluran napas kronis termasuk bronkiektasis, sinusitis kronis dan bronkitis kronis. Keadaan seperti ini sering kali berhubungan dengan gannguan silia sperma seperti sindroma silia imotil, atau gangguan sekresi epididimis seperti pada pria dengan penyakit fibrokistik pankreas, dimana pada pria-pria ini angka kejadian disgenesis atau agenesis vas deferen meningkat.
Penyakit-penyakit non-genital lain yang dicurai berhubungan dengan interilitas harus dicatat. Diantara penyakit non genital tersebut termasuk kegagalan ginjal, penyakit hati dan kelainan metabolik lainnya.
Orkitis berhubungan dengan gondongan dicatat sebagai kemungkinan penyebab kerusakan testis dapatan dan bukan sebagai kelainan sistemik.

Kecanduan alkohol yang menyebabkan penyakit sistemik pada beberapa organ termasuk hati dan mungkin secara tidak langsung padda testis, harus dicatat terpisah.

Faktor-faktor lain yang mungkin mengurangi fertilitas

Secara relatif masih sedikit yang diketahui mengenal kemungkinan efek lingkungan pekerjaan terhadap infertilitas pria. Lingkungan yang sangat panas dapat menekan spermatogenesis. Pemaparan kronis pada logam berat, seperti timah, kadmium dan air raksa atau bahan-bahan lain seperti pestisida, herbisida, karbon disulfat dapat juga mengurangi fertilitas.

Alkohol dalam jumlah banyak dapat mempengaruhi spermatogenesis dan juga menurunkan fungsi seksual melalui penghambatan biosintesis testosteron.

Apakah merokok tembakau merupakan faktor bermakna dalam infertilitas pria, masih belum diketahui dan terdapat informasi yang bertentangan mengenai hal ini dalam kepustakaan.

Telah dilaporkan bahwa merokok ganja berhubungan dengan penurunan fertilitas. Pria yang kecanduan obat-obatan opium sering mengalami episode berulang septisemi dan keadaan kesehatan yang jelek, dan sulit untuk diketahui apakah kerusakan fertilitasnya merupakan akibat langsung dari obat-obatan tersebut atau disebabkan oleh kelalaian sendiri.

Ini konsultasi kedua ke dr Daniel David SpOG di RS Alam Sutera. Ambil jam praktek yg sore, coz hasil sperma hubby baru bisa diambil dari lab OMNI jam 6 sore. Hasilnya akan dikonsultasikan ke dr Daniel. Dan ternyata hasilnya tidak terlalu memuaskan. Sebagian sperma tidak aktif.Untuk hubby, dr Daniel kasi resep Bio ATP n’ Seloxy. Sbg mantan medrep (hehehe…) setauku keduanya cuman suplemen vitamin dan antioksidan. Sedang buat aku gak ada resep apa2. Cuma disarankan untuk menjalani tes HSG. Tes ini dilakukan di bagian radiologi n’ yg menangani bukan dr Daniel SpOG.Si dokter cumin akan menganalisa hasilnya aja.

Sekadar informasi untuk tes HSG di OMNI berkisar 1jt. Sedangkan di RS Sari Asih Ciledug cuman 325 rb. Di Usada Insani 396 ribu.

Sesampai dirumah langsung googling tentang apa itu HSG. Lumayan banyak infonya, cuman yang bikin bingung setelah buka beberapa blog ada sebagian besar perempuan yang takut tes HSG.Bkin tambah penasaran aja!

Histerosalphingography atau histerosalphingogram (HSG) adalah suatu pemeriksaan radiologis (dengan menggunakan x-ray) yang ditujukan untuk melihat patensi atau fungsi dari tuba falopii (saluran telur), apakah ada sumbatan atau tidak dan juga bentuk dan posisi atau kedudukan dari uterus (rahim).

HSG dapat membantu dokter untuk mengetahui apakah saluran tuba seorang wanita terbuka, membengkak, atau tertutup. Pemeriksaan ini juga dapat mengevaluasi bentuk, ukuran, dan struktur dari rahim.

Suatu zat kontras akan dimasukkan melalui vagina ke dalam rahim, dan kemudian akan gambar diambil dengan alat x-ray, dan kemudian akan terlihat zat kontras melewati rahim dan saluran tuba. Hasil pemeriksaan akan memperlihatkan apakah ada blockage (pembuntuan) pada saluran tuba -yang mana dapat menghambat pertemuan sel sperma dengan sel telur, dan juga menghambat sel telur melewati saluran tuba. Selain itu dapat juga dianalisa apakah ada kelainan pada rahim, yang mungkin bisa menghambat implantasi hasil konsepsi pada dinding rahim.

Histerosalpingogram (HSG) biasanya dilakukan untuk:

  • Menemukan suatu penyumbatan pada saluran tuba. Biasanya ini dilakukan pada wanita yang sulit hamil. Kadang infeksi dapat menyebabkan scarring yang menyebabkan saluran terbuntu, dan kadang zat kontras dapat “membuka” blockage tersebut
  • Melihat kondisi rahim, apakah ada struktur yang abnormal, ada tumor, atau benda asing dalam rahim. Kelainan itu biasanya bisa menyebabkan terjadinya keguguran.

Metode pemeriksaannya biasanya memakan waktu 15-30 menit. Pasien akan dipersilakan untuk berbaring kemudian suatu alat (speculum) akan dimasukkan dalam vagina, agar dokter bisa melihat ke dalam cervix (leher rahim), dan setelah bagian cervix dibersihkan, maka melalui suatu tube, cairan kontras akan dimasukkan ke dalam rahim. Jika tidak terjadi pembuntuan, maka cairan akan mengalir menuju ke saluran tuba, dan nantinya zat kontras akan diserap oleh tubuh.

Pemeriksaan ini dilakukan dengan memasukan semacam kontras melalui liang vagina kemudian setelah kontras masuk dibuat foto.
Hasil dari HSG biasanya akan dikatakan “fill dan spill” bila tidak ada sumbatan pada tuba anda, karena cairan zat kontras yang dimasukkan kedalam vagina anda dapat melewati tuba dengan baik. Dan apabila ada sumbatan pada tuba maka spill tidak akan ditemukan karena zat kontras tidak bisa melalui tuba sampai ke ujungnya.
Sebaliknya, adanya sumbatan pun anda jangan takut dahulu, harus dinilai lebih lanjut, karena kadang ada yang disebabkan oleh cairan/ lendir yang berasal saluran itu sendiri. Akan ada cara untuk membuka sumbatan itu. Kadang cairan kontras malah dapat melepas sumbatan tersebut.

Semoga informasi ini gak lagi bkin takut calon ibu yang akan menjalani tes HSG.

N’ semoga kali ini aku bisa cepat hamil.

Wish me luck!